10 Januari 2009

BMG: Waspadai Gelombang Tinggi

JAKARTA - Peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) agar waspada terhadap Kemungkinan gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter masih berlaku hingga hari ini. Peringatan ini berlaku sejak Jumat,9 Januari dan diprediksi akan berlangsung hingga Rabu, 14 Januari mendatang.

Menurut BMG, gelombang tinggi ini berbahaya bagi semua jenis kapal. Gelombang hingga 6 meter diperkiraan berpeluang terjadi di Laut Sulu, Laut Philipina, Laut Cina Selatan, Perairan Riau, Perairan Utara Bangka Belitung, Peraiaran Barat Pontianak, Perairan Sambas, Laut Natuna, Laut Arafuru, Laut Aru, serta Perairan Merauke.

Demikian juga dengan gelombang setinggi 2-3 meter yang berbahaya bagi perahu nelayan, tongkang, tugboat, roro, LCT dan Ferry berpeluang terjadi di perairan barat Aceh, perairan barat daya Selat Sunda, Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Nusatenggara, perairan selatan Rote, Laut Timor, Laut Banda, Laut Sulawesi, Perairan Sangihe Talaud, Laut Halmahera, serta perairan utara Manokwari.

Selat Bangka, Selat Karimata bagian selatan, Laut Jawa bagian barat dan tengah serta Perairan Kai dan Tanibar terjadi gelombang mencapai 3-4 meter. Gelombang ini berbahaya bagi semua jenis kapal.

BMG juga memperingatkan akan adanya hujan deras, petir dan angin kencang yang terjadi sejak Jumat (9/1) hingga Senin 12 Januari mendatang. Peringatan waspada ini ditujukan untuk daerah Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah bagian utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah bagian barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara bagian selatan, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Papua Timur, Jawa bagian utara, Nusa Tenggara Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar