04 Maret 2009

Atom Z500, Chip Intel Berefek Hingga Masa Depan


CALIFORNIA - Lambat laun kekuatan ponsel akan setara dengan komputer. Impian yang akan diwujudkan oleh Intel, coba dituangkan perusahaan itu dengan meluncurkan generasi terbaru dari Intel atom yaitu, Atom Z500.

Seri Atom Z500 merupakan kelanjutan dari platform Poulsbo. Ini adalah generasi Atom pertama yang diperuntukkan pada alat-alat elektronik berukuran sangat kecil seperti ponsel. Dan untuk mendukung itu semua, Intel juga mengumumkan sebuah sistem kontrol baru yang kompatibel untuk meningkatkan kapabilitas grafik dan I/O hub ke dalam sebuah chip.


TechCrunch, Selasa (3/3/2009), melaporkan produk anyar Intel ini merupakan yang paling hemat daya, serta mampu beroperasi tanpa kipas pendingin. Selain itu, seri Z500 termasuk produk hemat energi karena, hanya menggunakan daya sebesar 2 watt saja.

Oleh Intel, chip ini adalah skema besar dari mimpi perusahaan itu. Sebab, Intel mengklaim Z500 dapat digunakan untuk produk elektronik baru yang dinamakan ponsel media. Ponsel sejenis ini biasanya lebih besar daripada ponsel biasa, namun lebih kecil dari ponsel pintar dan MID (mobile internet device).

Nantinya gadget yang disebut ponsel media itu, merupakan produk yang menggunakan RAM sebesar 1GB, flash memory 8GB dan layar sentuh 8,9 inci, akan tetapi mampu memutar video YouTube, bahkan melakukan panggilan telepon dan VoIP.

Di Atom Z500 ini, ada empat prosesor dengan frekuensi yang berbeda. Z510 dan Z510P mempunyai frekuensi 1,1GHz, ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Intel Atom yang sekarang. Untuk seri Z520 mampu berjalan di frekuensi 1,3GHz dengan FSB 533MHz memiliki konsumsi daya 2,3 watt. Sedangkan produk dengan kapasitas the best dari seri Z500 ini adalah, Z530 dan Z530P yang memiilki frekuensi 1,6GHz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar