31 Maret 2009

Ilmuwan India Temukan Mikro Organisme Baru


NEW DELHI - Beberapa ilmuwan India telah menemukan mikro-organisme yang disebut extremophiles, yang dapat bertahan hidup di dalam air mendidih dan radiasi sinar ultra-violet. Tabloid setempat Mail Today melaporkan para ilmuwan tersebut menemukan mikro-organisme itu pada ketinggian 40 kilometer di atas permukaan bumi.

Upaya itu pelopori oleh ilmuwan dari Center of Cellular and Microbiology di kota Hyderabad, India Selatan, S. Shivaji, yang telah meneliti bakteri di Antartika, Samudra Kutub Utara dan Gletser Himalaya.

"Ketiga spesies baru yang ditemukan sekarang dapat dibedakan dari semua spesies yang sejauh ini dilaporkan di dalam catatan ilmiah," kata surat kabar tersebut, yang mengutip keterangan Shivaji, sebagaimana juga dikutip Xinhua.

Bakteri itu dapat bertahan pada dosis lebih tinggi radiasi ultra-vioalet, tumbuh di dalam kondisi gizi rendah, dan memiliki susunan asam lemak yang memungkinkan mereka bertahan hidup dalam kondisi ekstrem.

Spesies baru itu diisolasi setelah analisis luas mengenai contoh udara yang dikumpulkan dari atmosfir daerah yang lebih tinggi. Semua contoh tersebut dikumpulkan dari ketinggian antara 20 kilometer dan 41,4 kilometer pada April 2005, tapi temuannya baru terjadi belum lama ini.

Para ilmuwan mengatakan sulit untuk meramalkan bagaimana bakteri dapat bertahan hidup di lingkungan yang rendah oksigen semacam itu.

Penelitian "extremophile" menimbulkan pertanyaan mengenai kelangsungan hidup bentuk kehidupan.

Itu dapat mengarah kepada pengenalan lebih lanjut mengenai rangkaian baru dan menemukan beragam penerapan produk yang berlandaskan bioteknologi, kata para ilmuwan tersebut.

( sumber : wahanaindonesia.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar