02 April 2009

Alasan Wanita Cerewet


HERANKAH Anda mengapa wanita banyak bertingkah dan bicara dalam segala hal. Sementara pria menanggapi hal yang sama dengan lebih santai.

Professor Mike Bruton, scientific communicator dari MTE studios menjelaskan, selama bicara ada perbedaan antara otak pria dan wanita.

Seperti dilaporkan Health24 pada April 2009, ada 28 perbedaan struktural dalam otak pria dan wanita. Hal tersebut tidak hanya menjadikan keduanya selalu terlibat konflik, tapi juga memiliki pengalaman hidup berbeda.

Menurut Bruton, sebuah studi telah menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dalam cara pria dan wanita berkomunikasi. Wanita menggunakan 8.000-10.000 bahasa tubuh, 6.000-8.000 kata, dan 2.000-3.000 suara untuk berkomunikasi setiap harinya. Jumlahnya rata-rata 21.000 kata, suara, dan bahasa tubuh. Sebagai perbandingan, pria menggunakan 2.000-4.000 kata, 1.000-2.000 suara, dan 2.000-3.000 bahasa tubuh. Keseluruhannya rata-rata 9.000.

Bicara untuk alasan berbeda

Pria dan wanita bicara untuk alasan berbeda. Wanita bicara untuk meredakan stres dan membangun hubungan dengan wanita lain. Mereka bisa benar-benar mendengar apa yang dikatakan orang lain. Mereka juga dapat bicara dan mendengar sekaligus, dalam waktu bersamaan. Sementara pria bicara untuk bertukar informasi.

Corpus callosum, bagian otak wanita yang berhubungan dengan dua hemispheres, memiliki ukuran lebih besar dibanding pada pria. Hal ini memungkinkan para wanita mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan dan memulihkan tubuh dari cedera otak dengan lebih baik. Sebab, bagian otak tersebut dapat mengambil alih tugas bagian otak yang cedera.

Pria memiliki kemampuan spasial (berhubungan dengan jarak) lebih baik. Sebanyak 10 persen wanita memiliki kemampuan yang sama, tapi dalam banyak kasus, mereka adalah kaum homoseksual.

Pentingnya bermain untuk otak


Bruton mengatakan, bermain adalah satu dari hal terpenting dalam perkembangan otak anak-anak. Anak-anak yang tidak bermain atau tidak pernah bersentuhan fisik dengan orang lain, ukuran otaknya lebih kecil.

Tidur juga penting agar otak mampu menyimpan memori dan berfungsi optimal. Sekitar 90 persen informasi yang Anda terima dapat terlempar keluar karena otak menganggap informasi tersebut tidak akan terpakai. Pada dasarnya, memori otak Anda tidak benar-benar tersimpan; ia akan terpakai saat Anda me-recall­ atau memanggilnya kembali.

Bruton mengatakan, otak tidak memiliki banyak ruang untuk menyimpan, hanya sekitar 1,25 gigabites. Tak heran jika kita bisa melupakan satu hal dengan mudahnya. Itulah alasan mengapa sangat penting menjaga otak tetap prima.

( sumber : okezone.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar