09 Januari 2009

TNI Tak Akan Tarik Pasukan Garuda di Lebanon

JAKARTA - Serangan rudal Israel yang mulai merembet ke Lebanon dinilai tak mempengaruhi keberadaan tentara perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa dari Kontingen Garuda XXIII C.

"Keberadaan mereka adalah tanggung jawab Dewan Keamanan PBB, jadi kita tidak berhak menarik mereka. Operasional mereka semua berada di tangan PBB," ujar Kepala Pusat Penerangan TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen kepada okezone via telepon, Jumat (9/1/2009).

Selain itu, menurut Sagom, posisi pasukan Garuda ini masih jauh dari tempat peluncuran roket pasukan Hizbullah Lebanon. Sehingga potensi mendapatkan serangan balasan dari Israel sangat kecil.

"Lokasinya masih jauh, sekira 35 Km di sebelah timur bagian utara Lebanon. Selain itu juga dari batas tempat peluncuran roket Lebanon ini, masih terpisah oleh pasukan perdamaian dari Negara lain," terangnya.

Karenanya, Sagom berpesan kepada keluarga para prajurit yang tengah berada di Lebanon, agar tidak khawatir dengan keselamatan para tentara itu.

"Seperti yang disampaikan Komandan Satuan Tugas Kontingen Garuda XXIII C, bahwa prajurit kita yang berada di Lebanon baik-baik saja. Kepada keluarga supaya tidak panik, kita doakan saja peperangan ini cepat berakhir," pintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar